Skip to main content

SEKILAS MENGENAI PERANGKAT PEMBELAJARAN

Dalam dunia pendidikan kita diharuskan untuk membuat perangkat pembelajaran agar cara belajar dan mengajar bisa epektif dan berjalan dengan baik. Seorang pendidik selain harus mampu atau menguasai bidang keahliannya atau jurusan pendidikan yang diampunya maka dituntut harus mampu pula membuat perangkat pembelajaran. kenapa seperti itu, karena dengan perangkat pembelajaran maka kita akan mudah mengelola kelas dengan baik, dalam artian sebelum masuk ke kelas maka kita sudah menyiapkan segala macam kebutuhan dengan persiapan yang matang. Berikut beberapa perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh pendidik sebelum dia masuk ke ruangan kelas: 1. Pekan efektif ini biasanya didapatkan dengan melihat kalender pendidikan 2. Prota atau sering dikenal dengan program tahunan 3. Promes atau program semester Silabus 4. RPP (Rencana Perangkat Pembelajaran) Format penilaian 5. Buku materi pembelajaran itu adalah hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan perangkat pembelajaran. Selain itu

CONTOH SOAL LOGIKA DAN BANGUN RUANG DIMENSI TIGA



SOAL LOGIKA DAN BANGUN RUANG DIMENSI TIGA


1.      Dalam logika matematika ada yang dinamakan kalimat terbuka, pengertian dari kalimat terbuka adalah.......
A.    Kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya karena masih mengandung peubah (variabel).
B.     Kebalikan dari suatu pernyataan yang telah ditentukan nilai kebenarannya.
C.     Kalimat sangkalan/ingkaran dari suatu pernyataan.
D.    Kalimat deklaratif faktual (pernyataan fakta).
E.     Kalimat majemuk dengan menggunakan kata hubung jika hanya jika.
2.      Ingkaran/negasi dari “Semua binatang berkaki empat” adalah......
A.    Semua binatang tidak berkaki empat.
B.     Semua binatang berkaki empat.
C.     Ada binatang yang tidak berkaki empat.
D.    Ada binatang yang berkaki empat.
E.     Ada binatang jika dan hanya jika berkaki empat.
3.      Kalimat pernyataan majemuk yang menggunakan kata hubung “Dan” adalah......
A.    Konjungsi
B.     Disjungsi
C.     Implikasi
D.    Biimplikasi
E.     Negasi
4.      Nilai kebenaran disjungsi hanya akan bernilai salah jika......
A.    Pernyataan P benar, pernyataan q salah
B.     Pernyataan P salah, pernyataan q benar
C.     Pernyataan P benar, pernyataan q benar
D.    Pernyataan P salah, pernyataan q salah
E.     Tidak ada jawaban yang benar
5.      Implikasi adalah......
A.    Pernyataan majemuk yang menggunakan kata hubung “Jika.....maka.....”
B.     Pernyataan majemuk yang menggunakan kata hubung “Jika dan hanya jika”
C.     Pernyataan majemuk yang menggunakan kata hubung “Dan”
D.    Pernyataan majemuk yang menggunakan kata hubung “Atau”
E.     Tidak ada jawaban yang benar
6.      Negasi/ingkaran dari “Saya suka buah dan tidak suka sayur” adalah........
A.    Saya tidak suka buah dan tidak suka sayur
B.     Saya tidak suka buah atau Saya suka sayur
C.     Saya tidak suka buah dan saya tidak suka sayur
D.    Saya suka buah atau Saya suka sayur
E.     Saya tidak suka buah atau Saya tidak suka sayur
7.      Negasi/ingkaran dari “Rani pergi ke sekolah atau bermain di rumah Ima” adalah.......
A.    Rani tidak pergi ke sekolah dan tidak bermain di rumah Ima
B.     Rani pergi ke Sekolah dan bermain di rumah Ima
C.     Rani tidak pergi ke sekolah dan bermain di rumah Ima
D.    Rani pergi ke sekolah dan tidak bermain di rumah Ima
E.     Ranii tidak pergi ke Sekolah atau tidak bermain di rumah Ima
8.      Negasi/ingkaran dari “Jika Matahari bersinar cerah, maka hari ini tidak hujan” adalah......
A.    Jika Matahari bersinar cerah, maka hari ini hujan
B.     Jika Matahari tidak bersinar cerah, maka hari ini tidak hujan
C.     Matahari bersinar cerah dan hari ini hujan
D.    Matahari tidak bersinar cerah dan hari ini hujan
E.     Matahari bersinar cerah dan hari ini tidak hujan
9.      Negasi/ingkaran dari “Ujian dibatalkan jika dan hanya jika hari ini hujan” adalah......
A.    Ujian dibatalkan jika dan hanya jika hari ini tidak hujan
B.     Ujian tidak dibatalkan jika dan hanya jika hari ini tidak hujan
C.     Jika ujian dibatalkan maka hari ini hujan
D.    Jika ujian tidak dibatalkan maka hari ini tidak hujan
E.     Tidak ada jawaban yang benar
10.  Konvers dari “Jika harga buku pelajaran mahal, maka semua siswa tidak mampu untuk membeli pelajaran” adalah......
A.    Jika harga buku pelajaran tidak mahal, maka semua siswa mampu untuk membeli buku pelajaran
B.     Jika semua siswa tidak mampu untuk membeli buku pelajaran, maka harga buku pelajaran mahal
C.     Jika harga buku pelajaran mahal, maka ada siswa yang mampu untuk membeli buku pelajaran
D.    Jika ada siswa yang mampu untuk membeli buku pelajaran, maka harga buku pelajaran tidak mahal
E.     Tidak ada jawaban yang benar
11.  Invers dari “Jika saya pergi ke Dokter maka saya sakit” adalah........
A.    Jika saya tidak pergi ke Dokter, maka saya sakit
B.     Jika saya tidak pergi ke Dokter, maka saya sakit
C.     Jika saya sakit, maka saya pergi ke Dokter
D.    Jika saya sakit, maka saya tidak pergi ke dokter
E.     Jika saya tidak sakit, maka saya tidak pergi ke Dokter
12.  Kontraposisi dari “Jika saya rajin, maka saya naik kelas” adalah.......
A.    Jika saya tidak rajin, maka saya tidak naik kelas
B.     Jika saya naik kelas, maka saya rajin
C.     Jika naik kelas, maka saya tidak rajin
D.    Jika saya tidak naik kelas, maka saya rajin
E.     Jika saya tidak naik kelas, maka saya tidak rajin
13.  Rumus modus ponens yang benar adalah.......
A.    Premis 1       :
Premis 2       :
Konklusi       :

B.     Premis 1       :
Premis 2       :
Konklusi       :

C.     Premis 1       :
Premis 2       :
Konklusi       :

D.    Premis 1       :
Premis 2       :
Konklusi       :

E.     Premis 1       :
Premis 2       :
Konklusi       :
14.  Premis 1          : Jika Seorang menjadi pengusaha, maka ia memilik banyak karyawan
Premis 2          : Ahmad seorang pengusaha
Konklusinya adalah.......
A.    Ahmad memiliki banyak karyawan
B.     Ahmad seorang pengusaha
C.     Ahmad bukan pengusaha
D.    Ahmad tidak memiliki banyak karyawan
E.     Tidak ada jawaban yang benar
15.  Premis 1          : Jika musim kemarau datang, maka penduduk kekurangan air
Premis 2          : Penduduk tidak kekurangan air
Konklusinya adalah.......
A.    Musim kemarau datang
B.     Musim kemarau tidak datang
C.     Penduduk kekurangan air
D.    Penduduk tidak kekurangan air
E.     Tidak ada jawaban yang benar
16.  Premis 1          : Jika hari ini hujan, maka udara dingin
Premis 2          : Jika udara dingin, maka saya memakai jaket
Konklusinya adalah........
A.    Jika hari ini hujan, maka udara dingin
B.     Jika udara dingin, maka saya memakai jaket
C.     Jika saya memakai jaket, maka udara dingin
D.    Jika udara dingin, maka hari ini hujan
E.     Jika hari ini hujan, maka saya memakai jaket
17.  Negasi dari pernyataan “Jika biaya sekolah gratis, maka semua penduduk Indonesia pandai” adalah.......
A.    Biaya sekolah gratis dan semua penduduk Indonesia pandai
B.     Biaya sekolah gratis atau ada penduduk Indonesia yang pandai
C.     Biaya sekolah gratis dan ada penduduk Indonesia yang tidak pandai
D.    Jika sekolah gratis, maka ada penduduk Indonesia yang pandai
E.     Jika sekolah gratis, maka penduduk Indonesia tidak pandai
18.  Diketahui pernyataan
Premis 1          : Jika saya tidak makan, maka saya sakit
Premis 2          : Jika saya sakit, maka saya tidak dapat bekerja
Kesimpulan dari pernyataan di atas adalah.......
A.    Jika saya tidak makan, maka saya dapat bekerja
B.     Jika saya tidak makan, maka saya tidak dapat bekerja
C.     jika saya tidak bekerja, maka saya makan
D.    jika saya makan, maka saya tidak dapat bekerja
E.     Saya dapat bekerja jika dan hanya jika saya makan
19.  Ingkaran dari pernyataan “Ada siswa SMK yang tidak harus mengikuti praktek kerja industri” adalah.........
A.    Ada siswa SMK tidak mengikuti praktek kerja industri
B.     Semua siswa SMK tidak mengikuti praktek kerja industri
C.     Ada siswa SMK yang mengikuti praktek kerja industri
D.    Semua siswa SMK harus mengikuti praktek kerja industri
E.     Tidak ada siswa SMK yang tidak mengikuti praktek kerja industri
20.  Konvers dari adalah......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
21.  “Jika Ira rajin belajar, maka Ira naik kelas” invers dari pernyataan tersebut adalah......
A.    Jika Ira naik kelas, maka Ira tidak rajin belajar
B.     Jika Ira tidak naik kelas, maka Ira rajin belajar
C.     Jika Ira tidak naik kelas, maka Ira tidak rajin belajar
D.    Jika Ira rajin belajar, maka Ira tidak naik kelas
E.     Jika Ira tidak rajin belajar, maka Ira tidak naik kelas
22.  Diketahui pernyataan mempunyai nilai kebenaran B (benar) maka dapat disimpulkan bahwa.......
A.    P benar, q salah
B.     P benar, q benar
C.     P atau q bernilai benar
D.    P salah, q benar
E.     P dan q keduanya salah
23.  Negasi pernyataan “Semua manusia berdosa” adalah......
A.    Semua manusia tidak berdosa
B.     Manusia dan dosa
C.     Ada manusia yang tidak berdosa
D.    Tidak ada manusia yang berdosa
E.     Ada manusia berdosa
24.  Jika diketahui rusuk suatu kubus adalah 4 cm, maka panjang diagonal bidangnya adalah.....
A.    4 cm
B.    
C.    
D.   
E.    
25.  Rumus volume kubus adalah......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
26.  Rumus luas permukaan kubus adalah......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
27.  Jika diketahui suatu kubus dengan panjang diagonal bidangnya adalah , maka volume kubus tersebut adalah......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
28.  Panjang diagonal ruang sebuah kubus dengan volume  adalah........
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
29.  Luas permukaan balok dengan panjang 13 cm, lebar 6 cm, dan tinggi 10 cm adalah.....
A.      
B.       
C.       
D.      
E.       
30.  Sebuah prisma alasnya berbentuk segitiga siku-siku yang panjang kedua sisi siku-sikunya 3 cm dan 4 cm, jika tinggi prisma 8 cm, maka volume prisma tersebut adalah......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
31.  Diketahui balok ABCD.EFGH dengan panjang AB=8cm, AD=6cm, dan AE=4cm. Luas permukaan balok tersebut adalah.........
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
32.  Diketahui balok ABCD.EFGH dengan panjang AB=8cm, AD=6cm, dan AE=4cm. Volume balok tersebut adalah.........
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
33.  Sebuah limas T.ABCD dengan alas berbentuk persegi dan panjang sisinya 10 cm. Jika tinggi pada sisi tegaknya 13 cm, tinggi limas tersebut adalah.......
A.    12 cm
B.     13 cm
C.     14 cm
D.    15 cm
E.     16 cm
34.  Sebuah limas T.ABCD dengan alas berbentuk persegi dan panjang sisinya 10 cm. Jika tinggi pada sisi tegaknya 13 cm, volume limas tersebut adalah.......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
35.  Sebuah limas T.ABCD dengan alas berbentuk persegi dan panjang sisinya 10 cm. Jika tinggi pada sisi tegaknya 13 cm, luas permukaan limas tersebut adalah.......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
36.  Volume limas segi empat beraturan adalah dan panjang rusuk alasnya 7cm, luas alas limas tersebut adalah.......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
37.  Volume limas segi empat beraturan adalah dan panjang rusuk alasnya 7cm, tinggi limas tersebut adalah.......
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
38.  Jika alas limas berbentuk persegi dengan panjang sisi 60 m, panjang garis TE adalah........
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
39.  Sebuah kubus memiliki volume  Panjang diagonal ruang kubus tersebut adalah.....
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
40.  Pada kubus ABCD.EFGH, rusuk yang sejajar dengan rusuk BC adalah.......
A.    AB
B.     AE
C.     DC
D.    EH
E.     GH


Comments

  1. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makalah Hakikat dan Konsep Pendidikan Seumur Hidup Dalam Islam

BAB I PENDAHULUAN   1.1. Latar belakang masalah. Pendididkan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dengan pendidikan akan meninggikan manusia dan merendahkan manusia yang lain, manusia akan dianggap berharga bila memiliki pendidikan yang berguna bagi sesamanya. Masa dari pendidikan sangatlah panjang, banyak orang yang beranggapan bahwa pendidikan itu berlangsung hanya disekolah saja, tetapi dalam kenyataanya pendidikan berlangsung seumur hidup melalui pengalaman-pengalaman yang dijalani dalam kehidupanya. Islam juga menekankan pentingnya pendidikan seumur hidup, Nabi pernah bersabda : Tuntutlah ilmu dari buain sampai meninggal dunia . Hal ini menunjukan bahwa pendidikan berlangsung tanpa batas yaitu mulai sejak lahir sampai kita meninggal dunia. Selain itu islam juga mengajarkan untuk mempelajari tidak hanya ayat qouliyah saja, tetapi ayat-ayat kauniyah, atau kejadian-kejadian di sekitar kita. Maka jelaslah sudah bahwa pendidikan seumur hidup itu s

Makalah Pengembangan Instrumen Penelitian

BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Masalah          Instrumen memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan mutu suatu penelitian, karena validitas atau kesahihan data yang diperoleh akan sangat ditentukan oleh kualitas atau validitas instrumen yang digunakan, di samping prosedur pengumpulan data yang ditempuh. Hal ini mudah dipahami karena instrumen berfungsi mengungkapkan fakta menjadi data, sehingga jika instrumen yang digunakan mempunyai kualitas yang memadai dalam arti valid dan reliabel maka data yang diperoleh akan sesuai dengan fakta atau keadaan sesungguhnya di lapangan. Sedangkan jika kualitas instrumen yang digunakan tidak baik dalam arti mempunyai validitas dan reliabilitas yang rendah, maka data yang diperoleh juga tidak valid atau tidak sesuai dengan fakta di lapangan, sehingga dapat menghasilkan kesimpulan yang keliru.           Untuk mengumpulkan data dalam suatu penelitian, kita dapat menggunakan instrumen yang telah tersedia dan dapat pula